PENYULUHAN "CIMAHI SEHAT 2012"

Merelakan waktu mandiri (istilah tidak ada kegiatan di kampus) bagi saya sangat sangat sangat berat sekali. Mengingat kuliah padat setiap hari dari pagi sampai sore. Hanya punya jeda saat istirahat, sholat, dan makan. Kadang-kadang itupun tersita oleh keharusan mencari bahan untuk tutorial, diskusi kelompok, dan banyak hal lainnya. Maka ketika waktu mandiri tiba, serasa diberi ruang untuk bernapas lega. Gak rela rasanya kalau waktu mandiri saya harus tersita begitu saja :(
Nah, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya saat merelakan waktu mandiri saya tidak digunakan untuk malas-malasan di atas kasur. Hehe.
Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, pemerintah kota Cimahi mengadakan penyuluhan massal door to door oleh penyuluh sebanyak 2000 orang. Katanya sih buat memecahkan rekor MURI juga. Dan dengan ogah-ogahan (apalagi menjelang ujian OSCE yang horor itu) saya mau juga ikutan acara itu. Mahasiswa FK angkatan 2009 diwajibkan sih sebetulnya. Maka ketika selesai latihan OSCE di ruang trammed, saya pulang ke kosan dengan membawa "paket untuk penyuluh" berupa sebuah kaos, map berisi kertas yang harus diisi dan ditandatangani oleh penyuluh dan yang diberi penyuluhan, leaflet untuk diberikan pada kepala keluarga berisi materi penyuluhan, serta stiker sebagai tanda sudah diberikan penyuluhan.
Semalaman saya galau gak jelas bbm-an sama Pupu. Cuma demi ngomongin "mau gimana besok pake baju?" Masalahnya, kain nya tuh tipiiiiiis banget. Udah gitu, super gede, bikin badan saya tenggelam :( Kalau kata orang-orang sih, kaya kaos yang suka dibagiin ke abang-abang becak kalau lagi musim kampanye. Haha :D
Sampai tengah malem dong mikirin besok mau pakai celana atau rok? Mau pakai kerudung warna apa? Baju nya dimasukin atau engga? Pakai manset warna putih atau item? Ini udah galau segalau-galaunya orang galau aja.
Akhinya saya sih memutuskan pakai baju manset warna putih, pakai celana kain coklat, kerudung merah, dan flat shoes putih. Warna kaosnya emang merah putih gitu. Pas nyobain, ih garila! Asa kaya gembel gak jelas deh saya pake baju gede gitu :( Akhirnya bertekad dari kosan sampe selesai penyuluhan mau pakai jas almamater aja biar nutupin setelan saya yang hancur luar biasa itu!
Eh iya, itu pertama kalinya saya pakai celana ke kampus loh. Biasanya kan pakai rok sama kemeja (style anak FK :p ) 
Besoknya, kumpul pagi banget di kampus. Dan tetap, Waktu Indonesia Bagian Karet yang berlaku. Baru berangkat ke tempat kumpul (apa sih namanya ya? pusat pemerintahan nya gitu hehe ;p ) agak siangan. Kelompok saya dibimbing oleh dokter Ina.
Habis upacara dan lalalala segala macemnya gitu, baru deh berangkat ke kelurahan yang dituju. Saya sih dapet di kelurahan Cimahi RW 4 RT 3. Nyampe kantor kelurahan, saya, dan teman-teman yang ditugaskan ke RW 4 dan RW 5 langsung berangkat diantar sama sekretaris RW 4. Kita diantar ke rumah masing-masing Ketua RT. Dan dari rombongan saya, yang lebih dulu nyampe itu saya. Jadi pertama ditinggal sama temen-temen dan yang nganter deh. Oh iya, dikenalin dulu sama Pak RT nya. Pas saya bilang "Assalamualaikum...." taraaaaaa ternyata yang keluar dari rumah itu seorang Koko! Cina loh Cina! :D
Saya disuruh masuk sama si Engkoh itu. Nama Engkohnya Suparman. Terus ditinggal sama temen-temen dan yang nganter. Saya jelaskan sama Engkoh RT kalau saya mau ngasih penyuluhan door to door sama masyarakat RT 3. Dan target saya sebanyak 7 rumah. Eh si Engkoh sama Nci nya itu minta dikasih penyuluhan juga. Yaudah saya jelaskan materi tentang Air Bersih, Bahaya Merokok, Penghijauan, dll. Si Nci nya bilang "Makasih ya Neng yah, kalau saya mah seneng dikasih pengetahuan ginian, tapi kan orang beda-beda yah. Ngkoh, pangneangankeun nu bageur! Ulah ka nu pikasebeleun!" Aduuuh bageur pisan si Nci teh. Hehe :D
Langsung deh saya dan Ngkoh tadi keluar rumah menuju target penyuluhan yang dipilih secara acak dan suka-suka oleh Pak RT. Pertama, rumah yang kami datangi adalah sebuah rumah yang asri dan mempunyai garasi yang dijadikan toko. Pas Pak RT bilang "Permisi...." yang keluar ternyata Koko-koko lagi! Tepatnya Engkoh! Kemudian Pak RT menjelaskan maksud dan tujuan kami ke sana. Si Engkoh nya malah bilang "Udah sok siniin aja kertas nya da pasti mau ngejelasin yang di kertas! disuruh nandatangan engga? Udah sok sini!" Kaget dong saya. Baru juga mulai, udah sport jantung deh :( Pak RT nya sadar kalau saya jadi tiba-tiba takut gitu. Dia bilang "Gak apa-apa yah, nanti kita cari lagi yang baik sama mau dengerin."
Saat itu kami melintasi sebuah gereja yang besar sekali. Kemudian saya tanya pak RT "Pak, ini jalan apa sih? Mau ditulis di kertas." Pak RT bilang "Ini jalan Pecinan Neng!"
Hoooo pantesan! Dari tadi ko ya sepanjang jalan saya ketemu nya sama orang-orang berkulit putih dengan mata sipit! Ternyata jalan ini adalah jalan dimana para keturunan Cina tinggal. Hmmm cukup menarik nih buat saya :D
Rumah kedua yang saya kunjungi bentuknya agak kurang lazim. Dengan 1 pintu pagar besi yang kecil di depan, dan harus masuk lorong. Ternyata setelah melewati lorong panjang itu, ada rumah-eumah petak di dalamnya. Ukuran per rumah tidak lebih besar dari kamar kos saya!. Di sana ada 5 keluarga yang tinggal. Saya masuk ke salah satunya. Ada lagi aja yang bikin ngeper! Anjing besaaaar sekali menghalangi pintu masuk rumah :( Anjing itu menyalak-nyalak keras banget. Yang punya rumah si Engkoh-engkoh langsung deh megangin itu anjing dan nyuruh saya masuk ke rumah. Pas masuk, waaaaah saya merasa asing sekali. Di dinding rumah banyak foto jadul orang-orang Cina dan lukisan-lukisan Nasrani. Di sini, pemberian materi nya lancar!
Rumah ketiga yang dikunjungi adalah sebuah ruko yang pagarnya tergembok. Sampai-sampai Pak RT manjat pagar buat ngetok-ngetok pintu garasi ruko. Keluar deh Nci-Nci udah tuaaaaaaa banget, jalan nya juga sempoyonan gitu. Masuk ke tokonya, kemudian si Nci nya kunci itu pintu ruko. Aaaaaaah saya takut! Rasanya kaya terkurung :( Pas disuruh masuk ke rumahnya, saya disambut sebuah lukisan besar yang menyapu pandangan saya. Saya tahu lukisan itu. The Last Supper-Davinci. Lagi-lagi merasa asing :( Gak terbiasa lihat yang gitu. Saya sih biasanya liat kaligrafi di dinding rumah :p Hehe.. Di sini juga lancaaaar! Trus si Nci nya cerita sama aku, kalau dia Osteoporosis makanya jalan nya kaya gitu :(
 Lanjuuuuuut ke 3 rumah lagi. Tapi di sana lancar jaya! Hahahaha ;D ya walaupun sambil nerangin, saya berdiri di toko mereka, dan mereka dengerin sambil ngelayanin pembeli. Hampir semua punya toko ya? Iya lah, namanya juga Cina.
Nah, saya belajar banyak hal di sini. Apa aja?
1. Orang keturunan Cina memang sepertinya sudah punya darah pedagang di diri mereka. Mereka itu kelihatan ulet dan cermat. Bahkan ada yang berkata pada saya, kalau sampah baterai, botol, bisa mereka jual biar dapat uang. Orang Cina kan katanya selalu bisa menghasilkan uang. Saya rasa karena mereka pandai mencari peluang.
2. Ternyata terjun ke masayarakat itu sulit. Tidak segampang teori manajemen kesehatan yang saya pelajari. Mensosialisasikan hidup sehat itu tidak mudah. Saya saat itu tanpa sadar tengah mengaplikasikan ilmu komunikasi dan pendekatan terhadap masyarakat. Ya, praktek nya memang tidak mudah ternyata.
3. Masih banyak sekali keluarga yang hidup jauh dari sehat. Sebelumnya saya kira septic tank itu hal yang wajib dan memang selalu ada di setiap rumah. Saya baru tahu kalau dari 7 rumah yang saya datangi, hanya 2 rumah yang pakai septic tank. Yang lain? langsung  membuang kotoran ke saluran yang menuju ke sungai besar.
Semoga penyuluhan singkat yang saya berikan itu bermanfaat. Seneeeeng deh dapet pengalaman masuk ke rumah keturunan Cina itu :D hehehehehe. Unforgettable.


TERLALU BANYAK :)

Terlalu banyak yang harus dihimpun. Diikat dalam tulisan untuk dikenang. :)

Sindiran Tentang Waktu

I've got a message from my father :)
The message was very touchful and make me feel ashamed X(

Lucu ya...
Uang 20 ribu kelihatan besar bila dibawa ke kotak amal masjid.
Tapi begitu kecil bila kita ke supermarket.
Dan lagi...
45 menit terlalu lama untuk berdzikir.
Tapi betapa pendek untuk acara pertandingan bola.
Juga...
Betapa lama 2 jam di mesjid.
Tapi betapa cepat 2 jam saat pemutaran film bioskop.
Semoga menjadi renungan kita semua :)

FASHION LOOKLET!!

I will share some creations of mine :)
My looklet account is MARSHMALLOW

Maybe next time I will share my daily outfit haha >.<


Purple is so glam, mysterious, and warm :)

 Love at the first sight to this silk abstract dress >.<
Kyaaaaa I want make it real!!

Silly and flirty but stylish I think. What do you think?

This is cool!

Blink! Blink! Blink!
Topshop-love-bag is very cute >.<

ok enough for this time :)

Fashion is all about happiness. It's fun. It's important. But it's not medicine.  
"Donatella Versace"


Sebuah Surat Untuk Dokter dan Mahasiswa Kedokteran

I find an awesome note >.<
........................................................................................
Rekan sejawat yang terhormat,

Jika Anda ingin menjadi dokter untuk bisa kaya raya, maka segeralah kemasi barang-barang Anda.
Mungkin fakultas ekonomi lebih tepat untuk mendidik anda menjadi businessman bergelimang rupiah
Daripada Anda harus mengorbankan pasien dan keluarga Anda sendiri demi mengejar kekayaan.

Jika Anda ingin menjadi dokter untuk mendapatkan kedudukan sosial tinggi di masyarakat, dipuja dan didewakan, maka silahkan kembali ke Mesir ribuan tahun yang lalu dan jadilah fir’aun di sana. Daripada Anda di sini harus menjadi arogan dan merendahkan orang lain di sekitar Anda hanya agar Anda terkesan paling berharga.

Jika Anda ingin menjadi dokter untuk memudahkan mencari jodoh atau menarik perhatian calon mertua, mungkin lebih baik Anda mencari agency selebritis yang akan mengorbitkan Anda sehingga menjadi artis pujaan para wanita. Daripada Anda bersembunyi di balik topeng klimis dan jas putih necis, sementara Anda alpa dari makna dokter yang sesungguhnya.

Dokter tidak diciptakan untuk itu, kawan.

Memilih menjadi dokter bukan sekadar agar bisa bergaya dengan BMW keluaran terbaru, bukan sekadar bisa terihat tampan dengan jas putih kebanggaan, bukan sekadar agar para tetangga terbungkuk-bungkuk hormat melihat kita lewat.

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan pengabdian. Mengabdi pada masyarakat yang masih akrab dengan busung lapar dan gizi buruk. Mengabdi pada masyarakat yang masih sering mengunjungi dukun ketika anaknya demam tinggi.

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan empati, ketika dengan lembut kita merangkul dan menguatkan seorang bapak tua yang baru saja kehilangan anaknya karena malaria.

Memilih jalan menjadi dokter adalah memilih jalan kemanusiaan, ketika kita tergerak mengabdikan diri dalam tim medis penanggulangan bencana dengan bayaran cuma-cuma.

Memilih jalan menjadi dokter adalah memilih jalan kepedulian, saat kita terpaku dalam sujud-sujud panjang, mendoakan kesembuhan dan kebahagiaan pasien-pasien kita.

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan berbagi, ketika seorang tukang becak menangis di depan kita karena tidak punya uang untuk membayar biaya rumah sakit anaknya yang terkena demam berdarah. Lalu dengan senyum terindah yang pernah disaksikan dunia, kita menepuk bahunya dan berkata, “jangan menangis lagi, pak, Insya Allah saya bantu pembayarannya.”

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan kasih sayang, ketika dengan sepenuh cinta kita mengusap lembut rambut seorang anak dengan leukemia dan berbisik lembut di telinganya,”dik, mau diceritain dongeng nggak sama oom dokter?”

Memilih jalan menjadi dokter adalah memilih jalan ketegasan, ketika sebuah perusahaan farmasi menjanjikan komisi besar untuk target penjualan obat-obatnya, lalu dengan tetap tersenyum kita mantap berkata, “maaf, saya tidak mungkin mengkhianati pasien dan hati nurani saya”

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan pengorbanan, saat tengah malam tetangga dari kampung sebelah dengan panik mengetuk pintu rumah kita karena anaknya demam dan kejang-kejang. Lalu dengan ikhlas kita beranjak meninggalkan hangatnya peraduan menembus pekat dan dinginnya malam.

Memilih menjadi dokter adalah memilih jalan terjal lagi mendaki untuk meraih cita-cita kita. Bukan, bukan kekayaan atau penghormatan manusia yang kita cari. Tapi ridha Allah lah yang senantiasa kita perjuangkan.

Yah, memilih menjadi dokter adalah memilih jalan menuju surga, tempat di mana dokter sudah tidak lagi perlu ada…


NB :
Ini bukan provokasi untuk menjadi dokter miskin, bukan juga mengatakan bahwa dokter tidak perlu penghormatan atau hal-hal duniawi lainnya. Tulisan ini hanya sekadar sebuah nasihat untuk diri sendiri dan rekan sejawat semua untuk meluruskan kembali niat kita dalam menjadi seorang dokter. Karena setiap amalan tergantung pada niatnya. Silakan menjadi kaya, silakan menjadi terhormat, asal jangan itu yang menjadi tujuan kita. Dokter terlalu rendah jika diniatkan hanya untuk keuntungan duniawi semata. Mungkin akan sangat susah untuk menggenggam erat idealisme ini nantinya. Namun saya yakin, jika ada kemauan yang kuat dan niat yang tepat, idealisme ini akan terbawa sampai mati. Walaupun harus sendirian dalam memperjuangkannya, walaupun banyak yang mencemooh dan merendahkan. Saya yakin, Allah tidak akan pernah salah menilai setiap usaha dan perjuangan hamba-hamba-Nya. Tidak akan pernah.


Aditya Putra Priyahita,
seorang yang sangat merindukan sebuah reuni anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di surga nanti 

URL
http://adityasaja.blogspot.com/2009/11/sebuah-surat-untuk-dokter-dan-mahasiswa.html

Selamat Jalan Sahabat

6 Desember 2010. Hari itu merupakan hari pertama saya ujian blok 8 Metabolisme dan Endokrin. Ujian pertama adalah OSPE atau ujian praktikum. Pagi kurang lebih sekitar pukul 7 saya sudah berada di Rumah Sakit Dustira karena memang setiap ujian praktikum diadakan di lab.anatomi yang berada di Dustira. Saya masuk kloter A1, dan jaswal ujian nya setelah kelompok B1 dan B2 selesai.
Menunggu tiba waktu ujian, saya dan teman-teman belajar di sekitar Forensik. Saat konsentrasi penuh mengahapal embriologi, vaskularisasi, topografi dan lain-lain, sebuah keranda mayat dikeluarkan dari Forensik. That's shocked me. Tidak berapa lama, keranda itu kembali lagi ke tempat di mana saya dan teman-teman belajar. Kali ini keranda itu ada isinya. Innalillahi...
Setelah ujian, saya, Resvi, dan Imas mau cari makan. Di jalan, sebuah mobil ambulans dengan lampu sirine menyala melintas. Lagi-lagi saya berujar Innalillahi..
Saat itu saya membuka handphone dan mengeceknya, ada sebuah pesan mendarat di blackberry messenger saya. Dari Mamih Tiwul (Sri Faida Wulandari-teman dekat di SMA). Isi pesan nya:
"Git, udah tau kabar teh Rika?"
Seketika itu juga, rasa penasaran sekaligus deg-degan menghampiri saya. Saya balas bbm dari Mamih. Tapi delay lama sekali :(. Kemudian saya "PING!" kontak Mamih. Masih belum juga terkirim. Karena penasaran sudah memuncak, kemudian saya buka web dan masuk facebook. Alhamdulillah bisa dibuka. Langsung saya search nama Rika Puspita di facebook. Pikiran saya saat itu, kali aja dapet kabar yang Mamih maksud dari facebook.
Dan..... I can't hold my tears falling down :'(
Saya membaca wall dari teh Nida Khodijah, senior saya di OSIS 34 yang isinya "Innalillahi... selamat jalan sahabat.........................."
Seketika itu juga saya lemas. Seperti semua persendian terlepas. Akhirnya bbm dari Mamih masuk dan memberitakan hal tersebut. Sms-sms bermunculan berisi kabar duka yang sama. Bahkan ada beberapa yang bertanya benar tidak kabar itu pada saya. :( :( :( :(
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un...
Umur memang siapa yang sangka. Kemarin-kemarin kita masih saling reply twitter. Sekarang Teh Rika sudah menghadap Allah SWT. It's hard to believe that you are gone Teh Rika Puspitasari. You've became a reminder for us. We love you sist, but Allah SWT loves you more...
Untuk Teh Rika, sahabat saya yang cantik dan sholehah...
Masih segar di ingatan saya pertama kali mengenal teteh. Teh Rika yang cantik, jago main basket, dan sangat baik hati. Tahu kah teteh, bahwa saya sangat senang karena teteh dulu tidak pernah melupakan saya setiap ada kumpulan OSIS. Teteh yang selalu menjemput saya ke kelas. Dan teteh tidak pernah keberatan :(
Teh Rika yang cantik dan sholehah...
Terima kasih karena telah mengingatkan saya bahwa kita memiliki waktu yang terbatas di dunia ini. Begitu sayang nya Allah pada teteh sehingga menjadikan teteh sebagai pengingat bahwa waktu kita begitu sempit.
Masa depan itu ternyata belum tentu datang. Saya belajar satu hal, cara terbaik mempersiapkan nya berarti dengan mengisi 'sekarang' demi 'masa yang akan datang'. Karena masa itu belum tentu datang, tapi jika kita mempersiapkan dengan mengisi 'sekarang' dengan baik, 'masa yang akan datang' pun Insya Allah baik.
Selamat jalan Teh Rika...
Pulang nya teteh ke pelukan Illahi telah menjadi cambuk bagi kami agar lebih mempersiapkan diri.
Semoga amal ibadah mu diterima Allah SWT. Semoga ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya.

[Puisi] Dijemput Malaikat
Tarikan sudut mengakhiri hayat
Sebentuk lengkung bibirnya mengantar ke lahat
Selamat jalan senyum sahabat
-Anggit Paramadita-Cimahi 2010-
Untuk Rika Puspitasari Alm.

I LOVE MOCCA^^

Saya penikmat lagu-lagu yang mungkin agak tidak biasa. Selera musik saya jaman dulu sekali. Bahkan pernah temen saya bilang waktu saya muter lagu Eternal Flame-Bangles "Aduh ini lagu diputer di kamar kamu yang serba bunga gini, berasa jaman kapan gitu," hehe^^
Saya lebih hapal lirik lagu-lagu nya Broery Marantika daripada band-band jaman sekarang yang jumlahnya bejibun sampe gak keitung. Kadang-kadang saya suka lagu itu karena liriknya. Biasanya menggambarkan diri saya atau karena kata-kata nya yang memang bagus. Kadang-kadang juga karena memang suka sama musiknya.
Ada sebuah band indie yang sangat saya sukaaaaa sekali musik maupun liriknya. Band Indie itu adalah MOCCA.
 Arina (Vocal)-Riko (Gitar)-Indra (Drum)-Toma (Bas)
Menurut orang awam musik seperti saya, musik MOCCA itu unik dengan lirik yang menggelitik. Lirik nya menyenangkan walaupun lagu nya menggambarkan patah hati. Musik nya tetap cukup ceria walau isi nya bertentangan. Musik MOCCA itu aliran nya pop dengan akustik dan bernuansa tradisional Eropa. Apalagi lirik-lirik nya berbahasa Inggris. Karya lokal yang patut dibanggkan deh.^^ Seperti di lagu What If yang jadi favorit saya. Sayang sekali MOCCA kurang begitu dikenali di negara sendiri. Padahal kabarnya, band ini cukup dikenal di seputaran negara-negara Asia.
WHAT IF
What if I give you my smile?
Are you gonna stay for a while?
What if I put you in my dreams tonight?
Are you gonna stay until it’s bright?
What if I give you my story?
Are you gonna listen to me?
What if I give you my heart?
Are we never gonna be apart?
Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be
What if I do ignore you
Will you just walk away and cry?
What if I did disappoint you?
Are you gonna say goodbye?
Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be
What if I try to catch flying snitch?
Are you gonna come with me?
What if I give you my song?
Are we gonna sing along?
Come on baby try harder
Come on baby light my fire
Come on baby be mine
‘Cause you’re the one I wanted to be
What if you leave me right here?
I’m right here and waiting for you?

Best Pancake House Ever! NANNYS PAVILLON

Kata temen-temen saya, sering banget liat foto facebook saya lagi makan pancake di tempat yang itu-itu aja. Di mana coba? NANNYS PAVILLON. Kenapa sih saya sering banget makan di situ? Ada apa aja sih menu di sana? Apa sih bagus nya?
Nannys Pavillon yang saya datangi terletak di Jalan Riau, Bandung. Tepatnya deket Taman Pramuka. Di sana kita bisa lihat bangunan gaya Eropa berwarna putih, dengan pagar tanaman yang menjulang tinggi. Tempatnya simpel tapi berkesan hangat. Kenapa bisa? Soalnya mengusung tema Shabby Chic, yang membuat tempat ini terasa seperti rumah seorang nenek di Eropa. Warm, sweet, and flowery.

Menu yang Nannys Pavillon suguhkan berupa menu breakfast nya Eropa. Seperti pancake, wafel, sandwich, dan ada juga baked rice serta pasta. Untuk minuman, banyak macam-macam lemonade dan milkshake. Tapi buat yang gak tahan sama keju, eskrim dan sejumlah makanan yang bikin enek, bisa juga sih minum ice tea buat ngimbangin makanan nya yang sangat 'wah'.
Favorit saya di sini yaitu Blueberry Cheese Roll Pancake. Pancake gulung berisi keju dan diberi saus serta blueberry nya, ditambah eskrim. Hmmmm kebayang kan? Ada lagi, Peach Pancake. Saya juga suka yang ini. Pancake standar yang bulat dengan potongan buah peach di atasnya, ditambah es krim, dan tentu sirup maple!
 Blueberry Cheese Roll Pancake
Kalau minuman, saya paling suka lemonade yang seger. Soalnya kalau minum milkshake, kadang saya enek. Lemonade pilihan saya yaitu Mint Lemonade dan Mango Lemonade.
Di sini gak cuma yang manis-manis, seperti saya bilang, ada juga yang asin seperti baked rice, pasta, potato. Pernah nyoba, tapi tetap, rekomendasi saya buat pancake manis nya. Juara deh! Lembut, empuk, dan segeeeer!

Nannys Pavillon di jalan Riau ini berkonsep Garden. Ada juga loh Nannys Pavillon dengan konsep Library di jalan Setiabudhi, dan di Jakarta (kalau gak salah) di sana konsep nya Bathroom dan Living Room.
Urusan harga? Seimbang lah sama makanan nya. Gak bakalan rugi, ya walaupun kalau udah dari sana serasa dirampok. Hehe^^. Standar pancake sekitar 29ribuan. Tapi jangan lupa pajak ya, ditambah juga biaya service. Gak akan rugi beneran deh! Udah enak, tempatnya cozy, pelayan nya ramah dan pake pakaian yang ala waitress yang lucu^^
Yang mau ke Nannys ajak-ajak saya ya! Hehehe ^^
Ini saya lagi makan blueberry cheese roll pancake sama ice tea.
Sebelum pulang ke rumah buat weekend, saya sarapan dulu di sini^^

PENYULUHAN DIABETES MELITUS

Menjelang genap 2 blok bersama kelompok tutorial 7. Sebelumnya saya ngerasa kagok dan susah akrab sama teman-teman. Tapi lama-lama keluar semua deh aslinya. Jadi betah ^^
Di blok 8 yaitu Metabolisme dan Endokrin kali ini, ada PLK atau Pembelajaran Luar Kelas. Jadi,ada satu hari dimana kita akan belajar tidak di lingkungan kampus. Di blok-blok sebelumnya biasanya sih ke Puskesmas, tapi sekarang, kita ditugaskan untuk memberikan penyuluhan Diabetes Melitus di Posbindu Seroja RW XIII Kelurahan Cipageran Cimahi Utara.

Dibentuklah kepanitiaan dari setiap kelompok. Ohya, teman-teman tutorial 7 itu ada 12 orang. Yang ditunjuk sebagai ketua untuk PLK ini yaitu Deden Panji Wiguna. Sekretaris nya saya dan Wafa Wafiatul. Bendahara nya Sandra Nathasya Sarasih. Mulai lah kita bekerja menyiapkan segala macem perlengkapan untuk penyuluhan.
1. Poster
Poster ini syarat wajib yang diberikan sekretaris blok 8. Berisi tentang definisi, tanda dan gejala, faktor resiko, bahaya dan komplikasi, penatalaksanaan serta pencegahan dari Diabetes Melitus.
2. Flipchart
Kita membuat materi di atas kertas flipchart. Ini berguna untuk menerangkan saat penyuluhan nanti. Itung-itung sebagai pengganti nya slide power point. Rada manual dikit deh ya hehe ^^
3. Leaflet
Ini juga syarat wajib lagi. Nanti peserta penyuluhan akan diberikan leaflet untuk mereka bawa pulang. Jadi, ilmu nya tidak cuma didapat dari saat penyuluhan, tapi bisa dibawa pulang ke rumah untuk ditunjukkan mungkin pada keluarga atau tetangga.
Hari pertama persiapan, kita membuat isi materi. Kita bainstorming. Setelah kesepakatan didapat, kita konsultasikan sama dokter pembimbing kita. Materi disetujui, kemudian kita cetak 2 poster, sekitar 80 leaflet, dan mulai menulis flipchart.
Satu hari menjelang penyuluhan, tim konsumsi yaitu Indah, dibantu Sandra dan Futri Yuma, memesan snack sekitar 80an dan membeli doorprize. Ohya, sebelumnya, Deden dan Eky survey dulu ke Posbindu tersebut. Jadi tahu kurang lebih keadaan di sana dan perkiraan peserta yang akan datang.
Hari penyuluhan pun tiba :D Kita berkumpul di depan ruang Tutorial. Yang bawa mobil cuma 2 orang, yaitu Futri Yuma dan Eky. Sampai di Posbindu Seroja kita mempersiapkan meja pendaftaran, tempat untuk pengukuran berat badan, serta pengukuran tekanan darah. Saya kebagian ngukur tekanan darah. Rada ribet juga, soalnya stetoskopnya susah dipake kalau pake kerudung tuh.
I feel so excited. Really. Ini pertama kalinya saya mengukur tekanan darah orang selain teman dan keluarga.^^
Setelah acara tensi dan ukur berat badan beres, dimulai lah penyuluhan. MC nya Deden, presentan nya Nurul. Pesertanya hampir semua kakek nenek loh^^. Mereka antusias sekali, terlihat dari minat mereka untuk bertanya. Walaupun ada aja yang pertanyaannya gak nyambung sama materi yang kita sampaikan. Kebanyakan sih konsultasi tentang apa yang mereka rasakan. Hehe ^^. Dan tidak semua pertanyaan mereka bisa kita jawab. Akhirnya dokter pembimbing kita yang jawab.
Setelah penyuluhan selesai, ada beberapa ibu yang bersalaman dengan saya sambil bilang "Neng, nuhun nya pamariosanana," cuma ucapan terimakasih, tapi saya terharu denger nya :')
Setelah beres-beres, foto dengan Ibu RW dan kader-kader Posbindu, kita kembali ke kampus. Kumpul di Ruang Tutorial untuk evaluasi dan pembagian pembuatan laporan. Abis itu? Langsung dong capcus foto dan hedon^^
Kita ke Papyrus, dan penuh banget! Langsung pergi deh ke Jonas PVJ. Kita foto di sana. Setelah itu, nobar Harry Potter deeeeeh! Saya nonton yang ke-2 kali nya :D
Seneng bangeeeet sama Tutorial 7 :)
 Depan Ki-Ka: Indah-Deden-Nurul-Sandra-Ingrid-Anggit
Belakang Ki-Ka: David-Devia-Futri-Wafa-Vera-Eky
TUTORIAL 7 BLOK 7 & 8

"MUSLIMAH GAHOL"

Mungkin sedikit geli ya baca judul postingan saya kali ini. Rada-rada gimana gitu ya, muslimah tapi gahol (gaul maksudnya sih). "Muslimah Gahol" ini adalah nama 'genk' saya di kampus. Kita sih biasanya menyingkatnya menjadi "MAHOL". Kita beranggotakan--berdasarkan urutan NIM--Sheilla Selvina, Puti Piranti, Anggit Paramadita, Resvi Aswindani, dan Retno Sulistianingsih.
Kenapa sih kita memutuskan pakai sebutan "MAHOL?"
Pertama, karena kita seorang muslimah yang Alhamdulillah semuanya pakai kerudung. Kedua, kita ini muslimah yang universal dan tidak pernah menutup diri dari perkembangan jaman. Intinya, kita ini muslimah yang gaya. Hehe, memang apa sih definisi gaya?
Yang jelas kita selalu berusaha menampilkan kalau perempuan berkerudung itu menyenangkan. Mulai dari sikap, sifat, prestasi dan penampilan yang insya Allah selalu berusaha untuk dijaga. Kata siapa perempuan berkerudung gak bisa bergaya? Bohong banget tuh. Buktinya, lihat kita. Hehe ^^
Saya kenalkan ya satu persatu anggota MAHOL.
Sheilla Selvina
Sheilla biasa memanggil dirinya sendiri dengan sebutan Sela. Kalau kita sih manggilnya Mamsel yang artinya Mami Sela. Sheilla orang Cirebon. Semua kakak nya kuliah di Fakultas Kedokteran UNPAD. Sheilla ini suaranya imut-imuuuuut banget, sampai bikin gak tega komdis waktu ospek. Sheilla pinter dan punya kebiasaan selalu mencatat sepanjang kuliah. Heran nya, padahal handout nya dia punya, tapi tetep aja anteng nyatet. Kata dia sih biar gak ngantuk. Sheilla ini selalu kita 'tuakan' tapi ya, karena dia anak bungsu, manja nya suka kumat ampun-ampunan ngelebihin yang lain. Apalagi kalau punya keingininan, mesti aja diturutin. Saya masih inget, dulu dia pengen banget beli mangga di tukang buah, sampe muter-muter deh saya anter nyari beli. Satu lagi, Sheilla ini kalau ngobrol atau ketawa di kelas, selalu out of control. Suaranya sih boleh imut, tapi kalau udah asik sendiri, menggelegaaaaar sampe kita sering diomelin gara-gara ribut terus pas kuliah.
Puti Piranti
Can you believe? She was born on July 1994. Di saat kita masuk dunia kuliah itu berumur sekitar 17 atau 18. Dia masih 15 tahun. Puti yang kita panggil Pupu ini anak akselerasi semasa SMP dan SMA. Kemampuannya? Don't ask! She is outstanding! Pupu yang paling muda ini gak pernah mau kalau kita suruh manggil kita Teteh. Mau nya disamain, pengen berasa seumuran. Hehe. Tapi Pupu ini seorang yang punya pikiran, pandangan, dan tingkah laku yang dewasa. Padahal umur kita beda 3 tahun, tapi tetep aja serasa seumuran. Apalagi Pupu paling tinggi, dia bongsor. Di balik kedewasaannya, tetep aja masih keliatan anak kecilnya. Pupu tergila-gila Spongebob! Sama seperti Sheilla, Pupu juga kalau ngobrol atau ketawa di kelas suka out of control. Pupu orangnya menyenangkan, dan seperti saya, moody. Selalu punya pemikiran yang sama dengan saya, so she is the best place to brainstorming for me.
Resvi Aswindani
Resvi biasa kita panggil Unyu. Sebelum kata-kata UNYU merebak dan terkenal di twitter, kita udah dari dulu ko manggil dia begitu. Kenapa? Soalnya dia kalau kaget, jatuh, atau semacamnya, suka agak latah dikit. Latah nya ajaib, mulai nyebut-nyebut mami papi sampai *sensor* *sensor* ^^ tapi yang paling dominan adalah kata-kata UNYU. Resvi ini sepertinya menderita late insomnia. Dia kalau tidur bisa malem banget, dan repotnya, susah bangun pagi. Sampai-sampai kalau ada kuliah pagi, dia nginep di kamar saya biar ada yang bangunin. Selama berkali-kali tidur bareng Unyu, denger satu alarm aja saya udah bisa bangun. Dia, alarm hape, jam weker, padahal deket kuping dia, gak ampuh dong! Unyu nih orangnya nyenengin, mau diajak susah sama saya. Hehe ^^ saya banyak nyusahin. Unyu sekosan sama saya, jadi kita ini bener-bener senasib sepenanggungan. Kalau belanja, sama Unyu. Kalau jalan-jalan, sama Unyu lagi. Pergi ke dokter, sama Unyu juga. Sampe-sampe nonton film ke bioskop pun selalu sama Unyu. Becandaan kita "Musibah dan Romantis adalah saat nonton film so sweet sama sahabat." ^^; Hehehe. Kasian deh yang gak pada punya pacar :D
Retno Sulistianingsih
Retno suka kita panggil Eno. Orang-orang sih manggil nya Mbak No. Eno cantik dan sering pake gamis buatan Ibunya. Lucu-lucu loh rok sama gamis buatan ibu nya ^^. Eno nih gampang banget kedinginan, tiap kuliah pasti aja dia nanya kita-kita "Eh kalian ngerasa dingin gak? Ko aku dingin banget ya?" Hehehe sampe hapal deh tuh kata-kata nya. Tiap nanya pasti gitu. Eno nih butterfly addict. Seneeeeng banget sama segala sesuatu yang ada kupu-kupunya. Ohya, Eno orang Talaga, Majalengka. Setanah air sama saya hehe. Cuma pas SMA, dia sekolah di SMAN 1 Cirebon, satu sekolah sama Sheilla. Eno anak satu-satunya dan keliatan manja nya, kalau udah kenal tapi ya, soalnya kalau engga deket, Eno tuh nampak dewasa dan stabil. Engga labil kaya saya ^^
Momen-momen berharga sama Mahol banyaaaaak banget. 
A Very Yuppy Birthday
Saya seneng banget waktu mereka bikin surprise ulangtahun saya yang ke-19. Unforgettable moment. Beruntung sekali punya temen-temen seperti mereka. *Big hug wet smooch*. Terharu banget waktu saya buka pintu kamar Pupu dan mendapati ada tart ulangtahun plus lilin nya :') tiba-tiba mereka keluar dari kamar mandi Pupu. Hahahaha kebayang mereka ber-4 sedek-sedekan di dalem. Abis make a wish, tiup lilin, dan sejumlah ritual ulangtahun lainnya, kita langsung capcus ke Ciwalk buat nonton, makan dan karaoke. What a sweet moment :')
Kerudung Gosip dan Keripik Talas
Kadang saking bete nya kuliah, kita suka bawa perbekalan. Apa aja coba? Yang paling sering sih keripik talas yang dibeli di Green Foodcourt atau biasa kita sebut Kantin Univ. Sampei kita punya sebutan khusus buat keripik talas itu. Rahasia tapi ya sebutannya hehe. :p Dan sambil ngemil di tengah kuliah itu, kita ngobroooool sampe ganggu temen-temen di kanan kiri depan belakang kita. Sampe ada yang ngatain kita si Kerudung Gosip. Heheheh no comment ah ^^
Peraturan Muslimah Gahol
Jadi muslimah kudu gaya! Jadi muslimah kudu punya aturan! Tapi yang satu ini, aturan nya amit-amit. Kita iseng-iseng bikin aturan Muslimah Gahol, dan semua isinya gak ada yang bener. Hehehe ^^. Mulai dari "setiap kuliah harus bawa makanan" "jangan tatap mata dosen" "kalau ngobrol harus out of control". Nah loh?
Mamsel Pindah
Ini yang bikin kita nangis rame-rame pas lagi bimbingan PLK. Mamsel ikut SMUP lagi dan keterima di Fakultas Kedokteran UNPAD. Artinya? Ya, kita gak akan bareng-bareng Mamsel lagi di kampus. Gak akan duduk sebarisan lagi. Tiap barisan 5 orang, artinya, nanti bakal ada 1 kursi yang kosong di barisan kita. Antara seneng dan sedih. Saking labilnya kita, saatorang lain kasih ucapan selamat, kita malah bilang sama orang-orang "Jangan ngasih selamat sama Sela!" Sedih banget :(. Akhirnya Mamsel pindah jadi mahasiswa UNPAD. Sebelum pindah, kita dikasih pin tulisan M-A-H-O-L. Tiap orang pegang satu huruf. Kita saling nulisin tandatangan kita di belakang pin itu. Tapi kita tetep berteman dekat. Selamanya :D
Sheilla Selvina-Puti Piranti-Anggit Paramadita-Resvi Aswindani-Retno Sulistianingsih
Best Friend Forever

WELCOME TO THE JUNGLE!!!

Sudah lama ya enggak nulis di blog. Sudah banyaaaaak sekali cerita-cerita yang saya lewatkan untuk dituliskan dan dibekukan dalam TIME CAPSULE. Hmmm apa aja ya? Let's see ya :)
Sekarang saya sudah masuk blok 7 di semester 3 Fakultas Kedokteran. Blok 7 ini adalah blok Neurobehavior System. Saya belajar banyak tentang saraf dan perilaku.
Kamu tahu, ternyata istilah WELCOME TO THE JUNGLE ini benar-benar saya alami di blok klinis pertama saya. 6 minggu saya lalui dengan serba angka tujuh. Kenapa? soalnya di blok tujuh ini saya masuk tergabung di tutor line 7 dan masuk kuliah selalu jam 7. :) Happy Seven!
Setiap hari sebelum berangkat ngampus, saya dan teman-teman kosan selaluuuu riweuh gedor-gedorin kamar. soalnya ada aja yang kesiangan gara-gara semalem belajar buat diskel, tutor atau praktikum. Dan anehnya, saya juga jadi kebo. Gak tahu karena pola tidur berubah (lebih sering begadang) atau emang udah bakat kali ya> hehe. Yang jelas suasana kosan yang riweuh itu selalu ngangenin. Apalagi kalo semalem nya hujan gede, kita mesti lari-lari lewat jalanan yang muter-muter menuju kampus. Maklum, jalan pintas dari kosan ke kampus itu lewat pematang sawah, kalau hujan terpaksa gak bisa lewat situ.
Tapi pernah, saya maksain lewat  galeng sawah itu, pas loncat ,malah jatuh!! saya yang pake rok putih, gak ada waktu lagi buat pulang ke kosan untuk ganti rok. Terpaksa dengan rok belepotan lumpur saya cuek bebek aja ke kampus. Di pintu masuk GSG R1, saya dikatain temen "SI CUBLUK" aaaah kemarin-kemarin saya dipanggil miss lebay sama ketua angkatan saya itu, sekarang cubluk. Gak ada panggilan yang bagus ya. hihi.
Hari itu saya ada janji sama wali saya, Dopkter Hasrini Rowawi Sp.KJ untuk konsultasi tutorial. Buru-buru deh abis kuliah ke kosan ganti rok dulu terus langsung capcus ke RS Dustira.
What a long day. Everyday is always busy.
Dan teuteup yah, setiap mau praktikum anatomi, suasana selalu jadi tegang. Udah tugasnya seabreg, hapalannya juga menggunung. Saya nyicil ngerjain tugas sampe 3 hari dan menghabiskan berlembar-lembar folio. Gempor lah tangan saya. Sebelum praktikum anatomi, semua semedi di kamar masing-masing. Ngapalin vaskularisasi, sirkulasi liquor cerebrospinal, tulang-tulang penyusun neurocranium, struktur medulla spinalis, dan segala macem yang berhubungan sama Central Nervous System. Soalnya, kalau pas pretes praktikum gagal, biasanya dikeluarin atau disuruh praktikum susulan, jadi semua berusha keras ngapalin.
Sekarang saya udah mulai kenal dengan epilepsi, stroke, migrain, vertigo dan berbagai penyakit akibat kerusakan otak dan saraf. Dari mulai etiologi, epidemiologi, patofisiologi, tatalaksana, sampai prognosis nya.
And the most interesting is..... Trammed atau Skills Lab Psikiatri.
Pas trammed pemeriksaan pada penderita psikosis, disediakan pasien simulasi. Karyawan Fakultas Kedokteran pura2 jadi pasien nya gitu, kita yang jadi dokternya. Dan ya ampun! Pasien simulasi aja udah bikin saya tegang dan mati kutu mau anamnesis gimana sampe stres sendiri.. Hehe.
I do really love all of my activity.
Hope everything will be nice and make me happy!
So, welcome to the jungle and enjoy it!!!

Ada banyak alasan untuk tersenyum :)

Adakah alasan untuk bersedih? Kalau ada, maka alasan untuk tersenyum pun pasti begitu :)
Seperti yang saya rasakan. Seharian saya guling-guling di kasur, timpuk ini timpuk itu, buka ini itu di blackberry.
Yes, finally I get the answer. I know the truth :)
And crying make me feel better....

Sore-sore..
My Mommy said "You must ready to hurt by someone." Mom, I love your big and warm hug :)
First reason to smile. THE WARMTH OF MY MOM'S HUG

Malem-malem... ;p
Tell your problem to your best friends :)
Saya ceritakan sedikit yang saya alami, rasakan, dan inginkan.
Second reason to smile. BEST FRIENDS 
A friend is someone who lets you have total freedom to be yourself. (Jim Morrison) 
Karena itu saya merasa bebas sekali bercerita pada mereka.
Thanks ya Helena Nurramdhani Irmanda, Hanif Kazwiniwati :)) smooch :*

Pagi-pagi...
Bangun tidur langsung cek Blackberry :)
Begitu buka Uber Twitter, surprise!!
Teteh mention aku dengan kata-kata ajaib. Love you so :*
Ladies...Don't cry for a guy, let guy cry for you. Cause girls give and forgive, but guys get and fiorget. -Brooke Davis
Seperti biasa BBM-an sama Teteh. Cerita juga walaupun sepotong-sepotong.
Ada yang bikin ngakak banget laaah :))))
Sukses bikin saya ketawa!!
Masa Teteh bilang "Sedihnya kamu, gak akan sesedih hati Cut Tari. Coba bayangkan kalau jadi Cut Tari" bener-bener Ratu Infotainment!!
Teteh menyarankan saya buat buka-buka twit yang isinya quotes bagus.
Ada beberapa yang saya dapat. Saya tulis ya di sini, tapi yang nyambung sama galau saya hehe ;p

If you want perfection, buy a barbie.
"I'll never hurt you, I'll never make you cry" is a perfect lie.
A broken heart can hurt but it's the memories that kill you.
Saying to someone: "I remember everything you think I forgot!"
Telling the truth and making someone cry is better than telling a lie and making someone smile.
The one's you love the most hurtyou the most!
 
So, the third reason to smile is  A SISTER WHO CARE WITH HER OWN WAY
 

Alhamdulillah masih bisa tetap tersenyum ya :)
Bagaimana dengan kamu? :)


IT'S ALRIGHT IT'S OK

It's Alright It's Ok - Ashley Tisdale 

You told me
There's no need
To talk it out
Cause its too late
To proceed
And slowly
I took your words
And walked away

No looking back
I wont regret, no
I will find my way
I'm broken
But still I have to say

It's Alright, it's OK
I'm so much better without you
I won't be sorry
It's Alright, it's OK
So don't you bother what I do
No matter what you say
I wont return
Our bridge has burned down
I'm stronger now
It's Alright, it's OK
I'm so much better without you
I won't be sorry

You played me
Betrayed me
Your love was nothing but a game
Portrayed a role
You took control, I
I couldn't help but fall
So deep
But now I see things clear

It's Alright, it's OK
I'm so much better without you
I won't be sorry
It's Alright, it's OK
So don't you bother what I do
No matter what you say
I wont return
Our bridge has burned down
I'm stronger now
It's Alright, it's OK
I'm so much better without you
I won't be sorry

Don't waste your fiction tears on me
Just save them for someone in need
It's way too late
I'm closing the door

It's Alright, OK
I'm so much better without you
I won't be sorry
It's Alright, it's OK
So don't you bother what I do
No matter what you say
I wont return
Our bridge has burned down
I'm stronger now
It's Alright, it's OK
I'm so much better without you
I won't be sorry

It's Alright, it's OK
Alright, OK
Without you
No matter what you say
It's Alright, it's OK
Alright, OK
Without you
I won't be sorry

Ada sedikit yang membuat saya sempat bertanya pada sendiri.
AM I CRAZY OR SOMETHING...??
Lagu Ashley Tisdale tadi saya putar seharian.
Ashley keren sekali nyanyinya!! Awsome!! Kemarahan seperti meledak-ledak!!
Lagunya cukup mewakili isi hati saya saat itu :)
So much better :)))))
 

Oh! Carol...

Oh! Carol - Neil Sedaka

Oh! Carol, I am but a fool,
Darling I love you tho' you treat me cruel,
You hurt me and you made me cry
But if you leave me I will surely die.

Darling there will never be another
Cause I love you so,
don't ever leave me,
Say you'll never go
I will always want you for my sweetheart
No matter what you do
Oh! Carol, I'm so in love with you.

Oh, Carol...
Darling..

Lagu itu salah satu yang masuk daftar lagu favorit saya :)))
Ada yang tahu lagunya?
Memang jarang ada yang memutar lagu ini.
Maklum, penyanyi nya aja lahir tahun 1939
Lagu Oh! Carol itu rilis tahun 1959
Lebih tua dari saya ya?
But I do love that song!!!
Khas jaman dulu sekali musiknya.
Saya selalu membayangkan Carol di lagu itu pake dress yang menggembung, garis-garis vintage, berkerah lebar, dan pakai kalung mutiara putih.
Rambutnya pirang dengan bagian bawah di blow, dan pakai bandana merah.
Sedang berdiri di ruangan bergaya vintage penuh bunga-bunga dan kaleng antik :)
Sambil menggoyang-goyangkan bahu dengan malu-malu.
Hahahahaha :))
Kayanya imajinasi saya terlalu berlebihan ya?
Tapi yakin deh, setiap saya mendengarkan lagu ini di mobil, atau lewat hape saya,
I always imagine it :))



#FF33CCOhya, tentang Carol juga.
Saya pernah makan pancake sama Teteh di Nannys Pavillion (best Pancake House ever! recommended!)
Daaaaaan jeeeeng jeeeeng!!!
Di sana lagu itu diputar berulang2!!!
Bisa bayangkan, saya seneng bangeeeet >.<
Duduk di sofa bunga-bunga, makan pancake enak di tempat bergaya shabby chic,
dan diiringi Oh! Carol..
Teteh menjadi saksi ke-lebay-an saya saat itu. Terharu deh :')
What a beautiful moment :)))
Hahahaha :D

Talking about Life Partner :)

Sedikit bicara tentang pasangan. >.< Rasanya usia 19 masih dianggap terlalu dini ya untuk membicarakan hal seperti ini?' tapi saya yakin deh, tidak sedikit di antara kita yang sudah memikirkan tentang hal sensitif ini. Hitung-hitung planning. Sebentar lagi kan menginjak usia 20. Ada dialog menarik dengan Mamah saya. Saya cerita pada beliau tentang masa depan yang saya rancang. Saya bilang, yang paling saya takuti itu adalah pasangan. saya mengutarakan bahwa saya takut tidak mendapatkan seperti yang saya inginkan Saya rasa setiap orang juga pasti begitu ya. Memikirkan, apa kah 'seseorang' itu nanti seprofesi dengan kita, seselera dengan kita, sebaik apakah pada kita. Dan yang tak kalah membuat saya berharap-harap cemas adalah, apakah seseorang itu sudah hadir di hidup saya? Apakah dia hadir di masa lalu saya? Apakah dia muncul nanti saat usia saya semakin bertambah? Atau bahkan dia teman saya sekarang? :) Perbincangan dengan Mamah seru sekali :) Ada yang saya tangkap dari ucapan beliau.


"Pasang standar boleh-boleh saja, sebagai patokan kita, tapi jangan berlebihan dan ketinggian, karena mendapatkan yang persis seperti yang kita inginkan itu sulit, nanti kalau standar kita terlalu tinggi, semua yang datang akan tampak jelek di mata kita. Dan jangan lupa.....kita juga harus berkaca."

Wohoo what a great advice Mom!
Ya, saya mengerti maksud Mamah.

Jangan pernah berhenti memperbaiki diri.
Jika kita bernilai 5, jangan berharap tinggi mendapat yang bernilai 9.
Sebelum mengubah nilai kita:))
yah..thanks Mom, mulai sekarang saya akan selalu sadar diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Ohya sedikit lagi, Mamah hari itu 'nyepet' saya.
aaaaa~ tidaaak!!!
'nyepet' nya Mamah langsung deh di update ke twitter sama Teteh.
-_______- bener2 deh ;p


Cherry Blossom

Sakura…sakura…ima saki hokoru
[sakura bermekaran]
Setsuna ni chiri yuku sadame to shitte
[mekarnya hanya sekejap]
Sakura…sakura….tada mai ochiru
[Sakura berguguran]
Itsuka umare kawaru toki wo shinji
[percayalah suatu hari akan lahir kembali]
(Sakura song by Moriyama Naotama)

Tahukah kamu apa itu Cherry Blossom?
Ya betul!! Bunga Sakura dalam Igirisu-go atau bahasa Inggris.
Dalam Nihongo atau bahasa Jepang sendiri, sakura berarti mekar.
Bunga sakura biasanya ditanam di pinggir sungai atau taman-taman.
Awal bulan April, pemandangan yang akan selalu mnyapu pandangan kita di Jepang adalah rimbunan bunga sakura.
Seperti yang mungkin pernah kita lihat dalam dorama atau anime, bunga sakura memiliki berbagai varietas.
Bunganya ada yang berwarna putih, merah muda, dan kekuning-kuningan.
Bunga sakura tidak memiliki daun, begitu mekar hanya ada gerombolan bunga saja.
Di saat mekarnya bunga sakura, warga Jepang akan mengadakan Hanami.
Kegiatan hanami atau menikmati keindahan bunga sakura sambil berpesta di bawah rimbunan bunga sakura, semacam kegiatan wajib warga Jepang.
Budaya hanami telah dimulai ribuan tahun yang lalu, menjadi tradisi yang tak terpisahkan.
Karena mekarnya sakura menandai awal tahun ajaran baru bagi pelajar dan tahun fiskal bagi pengusaha. Ia menjadi semacam pesta selamat datang bagi warga baru dalam suatu komunitas.
Namun sayangnya, keindahan sakura hanya bisa dinikmati sekejap saja.
Biasanya bunga ini akan bertahan hanya dalam waktu dua minggu saja.
Setelah itu, angin akan merontokkan kelopak bunga.
Sakura adalah metafora kehidupan yang tidak kekal.
Mekarnya menjadi simbol kebahagiaan tapi rontoknya kelopak bunga adalah simbol perpisahan atau kesedihan.
Karena itu...
Terdapatlah filosofi sederhana namun bermakna dari bunga sakura.
SAKURA bermakna JANJI.
Layaknya bunga-bunga lain yang memiliki makna masing-masing.
Dikutip dari salah satu blog : “Bunga sakura, saat mekar tanpa pamrih, tanpa beban apa pun, dengan ketulusan dalam memberikan kepuasan dan kekaguman pada tiap orang untuk menikmatinya. Gugurnya bunga sakura akan sangat disayangkan banyak orang. Hidup Sakura itu bak cermin keberhasilan seseorang. Begitu kita mati, orang merasa kehilangan.” (credit : Muharza Sahputra)
SAKURA adalah JANJI
Yang walau usianya terlalu singkat, tapi ia BERJANJI akan kembali mekar di musim semi selnajutnya.
Ia akan kembali membagi keindahannya, ia akan kembali membagi keceriaan bagi siapa saja yang memandangnya.
SAKURA BERJANJI AKAN DATANG LAGI …
Dan saya, masih senantiasa berharap dapat menyentuh kelopaknya, memeluk batang kokohnya, dan berdiri di tengah gugurnya sakura diterpa angin musim semi...

*dikutip dari berbagai sumber
Semoga Bermanfaat..!!

GRIMM BERSAUDARA (di balik Cinderella dan kisah-kisah dunia lainnya)

Teman-teman pernah membaca kisah Cinderella?
Hansel and Gretel?
Rapunzel?
Snow White?

Tidak membaca pun saya yakin teman-teman hapal jalan cerita kisah-kisah mendunia tersebut.
Pernah kah terpikir, berkat siapakah pada akhirnya kita mengenali sosok cantik Cinderella, rumah kue milik penyihir di tengah hutan yang didatangi kakak beradik Hansel and Gretel, rambut indah Rapunzel, dan kelembutan Snow White?

Ya..
Kisah-kisah itu hadir ke hadapan kita berkat jasa kakak beradik Grimm atau biasa dikenal Brothers Grimm atau dalam Bahasa Jerman Die Bruder Grimm.
Kakak-beradik Jakob dan Wilhelm Carl Grimm ialah dua orang akademik berkebangsa Jerman.

Mereka terkenal karena mempublikasikan kumpulan cerita rakyat dan dongeng, dan untuk karya mereka di bidang bahasa (linguistik).
Mereka sangat terkenal karena menceritakan ulang kisah-kisah dan dongeng dari daratan Eropa seperti Snow White atau Putri Salju, Rapunzel, Cinderella, Hansel dan Gretel, dan banyak kisah-kisah lainnya.


Grimm Bersaudara, Jacob (1785-1863) lahir pada 4 January 1785 dan Wilhelm Karl (1786-1859) lahir pada 24 Februari 1786, kedua-duanya lahir di Hanau, salah satu kota di Jerman. Keduanya mengambil kuliah hukum di University of Marburg. Pada tahun 1808, Jacob diberi gelar 'Court Librarian to the King of Westphalia' dan tahun 1816 bekerja di perpustakaan di Kassel (salah satu kota di Jerman), dimana Wilhelm juga bekerja. Mereka tetap tinggal di sana hingga 1830, sampai mereka mendapatkan posisi yang lebih baik di 'University of Göttingen'.

Grimm bersaudara mempublikasikan volume pertama dari cerita dongeng, Tales of Chilren and the Home (Cerita tentang anak dan rumah), pada tahun 1812. Mereka mendapatkan cerita-cerita tersebut dari para petani dan penduduk kampung. Dalam kerjasama mereka berdua, Jacob melakukan lebih banyak riset dan penelitian sedangkan Wilhelm yang lebih lemah, menyusun kata-kata dan menyajikan cerita tersebut dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak. Mereka juga tertarik pada cerita rakyak dan literatur tua, dan antara tahun 1816 dan 1818 mereka mempublikasikan 2 volume dari legenda rakyat jerman dan juga sebuah volume dari literatur sejarah.

Pada akhir tahun-tahun kehidupan mereka digunakan dengan menulis kamus bahasa Jerman yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1854 dan sampai sekarang masih dibawa oleh generasi berikutnya.


*dari baaanyaaak sumber

*Semoga Bermanfaat..!!
:D :D :D

SEPATU CINDERELLA BUKAN SEPATU KACA...!! [cerita asli Cinderella]

Cinderella yang kita kenal saat ini pastilah yang memakai gaun biru diantar kereta kencana dari labu serta prajurit penjelmaan sekawanan tikus dan tentunya yang paling kita ingat dari tokoh ini adalah SEPATU KACA...!!

Benarkah Cinderella memakai sepatu kaca?
Benarkah kisah Cinderella seluruhnya seindah bayangan kita?

SEPATU CINDERELLA BUKAN SEPATU KACA...!!

Di cerita aslinya yang berbahasa Perancis, disebutkan bahwa sepatu Cinderella adalah sepatu bulu
(vair = fur).
Namun orang keliru menerjemahkannya sebagai sepatu kaca (verre = glass).
Akhirnya cerita yang tersebar ke seluruh dunia adalah versi yang salah, yaitu sepatu kaca.
Sejak itulah dunia anak - anak selalu membayangkan sepatu kaca yang berkilauan yang tertinggal diatas tangga istana sang pangeran.

Jaman dulu, orang rela memotong jari kelingking di kedua kakinya agar ketika memakai sepatu tampak lebih ramping!

CHARLES PERRAULT, yang menulis versi modern kisah tersebut pada abad ke-17 belas, salah mendengar kata vair (bulu bajing) dalam dongeng abad pertengahan yng dipinjam dan diperbaruinya dengan kata verre (kaca) yang kedengarannya mirip.

Cinderella adalah sebuah kisah yang kuno dan universal. Ada sebuah versi asal Cina yang berasal dari abad kesembilan dan 340 versi lain sebelum yang dibuat oleh Perrault. Tak satu pun versi awal tersebut menyebutkan selop kaca. Dalam kisah Cina yang original-Yeh Shen-, selop tersebut terbuat dari benang emas dengan sol emas padat. Dalam versi Skotlandia-Rashie Coat-selop tersebut dibuat dari rumpun gelagah. Dalam dongeng Prancis abad pertengahan, yang diadaptsi oleh Perrault, sepatu Cinderella digambarkan sebagai pantoufles de vair-selop dari bulu bajing.

Selain memoles kisah Cinderella, menambahkan tikus-tikus, buah labu, dan ibu peri, Perault juga mengurangi kesadisan dalam cerita itu.

Cerita asli Cinderella dalam buku asli abad pertengahan tersebut, saudara-saudara perempuan yang buruk rupa memotong jari kaki mereka untuk mencoba selop tersebut, dan setelah sang Pangeran menikahi Cinderella, Sang Raja membalas dendam kepada mereka dan ibu tiri yang kejam dengan memaksa mereka berdansa sampai mati dengan menggunakn sepatu bot besi yang panas.

Chales Perrault melakukan kesalahan yang mungkin tidak disengaja, tetapi berakibat cukup fatal.

Tapi tanpa Perrault, mungkin kita tidak akan mengenang Cinderella sebagai dongeng pengantar tidur yang indah...
Setuju?? :D
*dibuat dari berbagai sumber

*Semoga Bermanfaat...!!
:D :D :D

Why It Named....TIME CAPSULE...??

Ada yang tahu apa itu TIME CAPSULE?
Time Capsule atau Kapsul Waktu adalah sebuah tempat (biasanya seperti kotak harta) yang diisi oleh barang-barang sarat dengan kenangan.
Time Capsule akan disimpan untuk beberapa waktu, dan dibuka kembali di saat yang diinginkan.
Terkadang ada loh yang sampai mengubur Time Capsule di tempat yang dianggap memiliki kaitan dengan kenangan-kenangan dalam kapsul waktu itu.
Time Capsule dapat menyimpan foto, baju saat bayi, wewangian, bunga, tiket Dunia Fantasi, brosur, atau apapun yang mengingatkan kita pada suatu momen berharga. :))
Barang-barang itu akan menghidupkan kembali memori kita.
Seperti sekarang ini, saya memilih blog ini sebagai TIME CAPSULE saya.
Untuk nanti akan saya kenang kembali.
Akan saya hadiahkan untuk diri sendiri.
Karena terkadang ingatan yang dilalui hari per hari pun layak untuk dijadikan harta berharga.
Tidak bisa digantikan dengan materi.
Dan menuliskan ingatan itulah satu-satunya jalan untuk menghargai setiap detik yang bergulir.
Dari situ lah berasal nama TIME CAPSULE untuk blog ini :))
Ada yang kurang mengerti?
Just leave your comment ya :)
Senang sekali rasanya berbagi :)))

Ucapan ke-19

6 Juni yang lalu tepat saya berusia 19 tahun.
Tidak terasa ya, cepat sekali waktu berguguran.
Mungkin karena saking betahnya di dunia ini.
Semoga Allah selalu menuntun di setiap langkah saya. Amin.
Tidak banyak yang saya inginkan di 19 hitungan ini.
Seperti kata semua yang mengucapkan dan mendoakan
WISH YOU ALL THE BEST
Saya rasa kata-kata itu telah mengungkapkan segalanya.

Ada 2 ucapan yang membuat saya menangis ketika membuka hape.
Seperti biasa, Mamah Apa merangkai kata-kata indah untuk hadiah ulangtahun saya.
Ucapan itu tak ternilai bagi saya :')

Marhaban Ya Habibie. Engkau telah lahir 19 tahun yang lalu bagai sinar hidupku. Engkau jadi harapan keluarga. Mudah2an dg tambah usia tambah dewasa, tambah tanggung jawab. Jadilah anak yg solehah. Iman jadi kemudi. Takwa jd nafasmu. Ihsan jadi hiasan hidupmu. Wilujeng milangkala nu ka 19. Mugi ginulur karahayuan ginanjar kawilujengan. Amin. ( Turki,malem Ahad 6 Juni 2010 )

Salam...dari ibunda, nanda sayang...,jngn kau larut dlm khayal.Hadapi hari2mu penuh kridhoan.jalani hidup ssuai knyataan.Syukuri apa adanya.Trimalah dg rela apa yg tlah dianugrahkn Rabb.jadilah manusia yg brpandangn luas.bijak dlm brtindak,jadilah diri sendiri kau makin dewasa.usia brtambah satu.*SLAMAT ULANG TAHUN*smoga sukses dlm mraih cita2.Doa bunda mnyertaimu

Terima kasih Ma, Pa...

BISMILLAH...

Assalamu'alaikum wr. wb.
Senang sekali rasanya punya blog kembali :))
Yes, this is my second blog.
Sebelumnya saya punya blog juga yang berujung terlantar akibat kemalasan.
Insya Allah, untuk yang ini, saya mau deh ngurusnya.
Semoga kesibukan tidak menghalangi saya untuk menulis dan berkarya.
For the first.. Let me introduce my self.
Nama saya ANGGIT PARAMADITA.
Saya menapaki bangku kuliah di Universitas milik Yayasan Angkatan Darat :)
Alhamdulillah, Allah mengarahkan hidup saya untuk masuk Fakultas Kedokteran.
I do loooovveee writing, acting, designing!
Kalau menulis, sejak kecil saya suka sekali ikut lomba-lomba menulis. Dan alhamdulillah sering menang juga. Tapi semenjak hidup saya 'riweuh' sama tugas, organisasi dan pacaran :p jadi melempem juga kemampuan saya.
Semoga dengan adanya blog ini, saya bisa kembali berkarya.
Mungkin tidak banyak yang tahu kalau saya suka ini. But truly, I love it!!
Waktu SD, saya sering pakai kemampuan saya ini untuk mengelabui guru. :p
Terdengar nakal ya? Tapi serius, saya mengeluarkan kemampuan ini untuk kebaikan saya dan teman-teman hehe.
Designing!! Ini yang selalu membuat saya bersemangaaaat!!
Banyak baju, rok, dan dress yang saya buat sendiri desain nya. :))
Mau coba?? ;)
Selain itu I do loveeee traveling, cooking, and also shopping.
Saya suka sekali jalan-jalan. Ya walaupun jalan-jalan nya bener-bener jalan.
Semoga impian saya jalan-jalan ke Jepang dan keliling Eropa terwujud ya Allah. Amin :)
Laalaalaa aku sekali memasak. Saya ini asisten mamah di rumah.
Kalau Teteh paling gak suka main-main di dapur, saya sebaliknya.
Shopping? Siapa yang gak suka??
kalau ada niatan mau belanja, saya dan Teteh bisa menghajar lebih ddari 6 tempat dalam satu hari. Cuma buat bela-belain cari yang sreg di hati :)
Do you know?
Shopping make me feel better.
Saya aja kalau sakit lebih milih ke mall daripada ke dokter. haha :D
I think enough.
You can know more about me later :)))

Copyright @ TIME CAPSULE | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger