PENYULUHAN DIABETES MELITUS

Menjelang genap 2 blok bersama kelompok tutorial 7. Sebelumnya saya ngerasa kagok dan susah akrab sama teman-teman. Tapi lama-lama keluar semua deh aslinya. Jadi betah ^^
Di blok 8 yaitu Metabolisme dan Endokrin kali ini, ada PLK atau Pembelajaran Luar Kelas. Jadi,ada satu hari dimana kita akan belajar tidak di lingkungan kampus. Di blok-blok sebelumnya biasanya sih ke Puskesmas, tapi sekarang, kita ditugaskan untuk memberikan penyuluhan Diabetes Melitus di Posbindu Seroja RW XIII Kelurahan Cipageran Cimahi Utara.

Dibentuklah kepanitiaan dari setiap kelompok. Ohya, teman-teman tutorial 7 itu ada 12 orang. Yang ditunjuk sebagai ketua untuk PLK ini yaitu Deden Panji Wiguna. Sekretaris nya saya dan Wafa Wafiatul. Bendahara nya Sandra Nathasya Sarasih. Mulai lah kita bekerja menyiapkan segala macem perlengkapan untuk penyuluhan.
1. Poster
Poster ini syarat wajib yang diberikan sekretaris blok 8. Berisi tentang definisi, tanda dan gejala, faktor resiko, bahaya dan komplikasi, penatalaksanaan serta pencegahan dari Diabetes Melitus.
2. Flipchart
Kita membuat materi di atas kertas flipchart. Ini berguna untuk menerangkan saat penyuluhan nanti. Itung-itung sebagai pengganti nya slide power point. Rada manual dikit deh ya hehe ^^
3. Leaflet
Ini juga syarat wajib lagi. Nanti peserta penyuluhan akan diberikan leaflet untuk mereka bawa pulang. Jadi, ilmu nya tidak cuma didapat dari saat penyuluhan, tapi bisa dibawa pulang ke rumah untuk ditunjukkan mungkin pada keluarga atau tetangga.
Hari pertama persiapan, kita membuat isi materi. Kita bainstorming. Setelah kesepakatan didapat, kita konsultasikan sama dokter pembimbing kita. Materi disetujui, kemudian kita cetak 2 poster, sekitar 80 leaflet, dan mulai menulis flipchart.
Satu hari menjelang penyuluhan, tim konsumsi yaitu Indah, dibantu Sandra dan Futri Yuma, memesan snack sekitar 80an dan membeli doorprize. Ohya, sebelumnya, Deden dan Eky survey dulu ke Posbindu tersebut. Jadi tahu kurang lebih keadaan di sana dan perkiraan peserta yang akan datang.
Hari penyuluhan pun tiba :D Kita berkumpul di depan ruang Tutorial. Yang bawa mobil cuma 2 orang, yaitu Futri Yuma dan Eky. Sampai di Posbindu Seroja kita mempersiapkan meja pendaftaran, tempat untuk pengukuran berat badan, serta pengukuran tekanan darah. Saya kebagian ngukur tekanan darah. Rada ribet juga, soalnya stetoskopnya susah dipake kalau pake kerudung tuh.
I feel so excited. Really. Ini pertama kalinya saya mengukur tekanan darah orang selain teman dan keluarga.^^
Setelah acara tensi dan ukur berat badan beres, dimulai lah penyuluhan. MC nya Deden, presentan nya Nurul. Pesertanya hampir semua kakek nenek loh^^. Mereka antusias sekali, terlihat dari minat mereka untuk bertanya. Walaupun ada aja yang pertanyaannya gak nyambung sama materi yang kita sampaikan. Kebanyakan sih konsultasi tentang apa yang mereka rasakan. Hehe ^^. Dan tidak semua pertanyaan mereka bisa kita jawab. Akhirnya dokter pembimbing kita yang jawab.
Setelah penyuluhan selesai, ada beberapa ibu yang bersalaman dengan saya sambil bilang "Neng, nuhun nya pamariosanana," cuma ucapan terimakasih, tapi saya terharu denger nya :')
Setelah beres-beres, foto dengan Ibu RW dan kader-kader Posbindu, kita kembali ke kampus. Kumpul di Ruang Tutorial untuk evaluasi dan pembagian pembuatan laporan. Abis itu? Langsung dong capcus foto dan hedon^^
Kita ke Papyrus, dan penuh banget! Langsung pergi deh ke Jonas PVJ. Kita foto di sana. Setelah itu, nobar Harry Potter deeeeeh! Saya nonton yang ke-2 kali nya :D
Seneng bangeeeet sama Tutorial 7 :)
 Depan Ki-Ka: Indah-Deden-Nurul-Sandra-Ingrid-Anggit
Belakang Ki-Ka: David-Devia-Futri-Wafa-Vera-Eky
TUTORIAL 7 BLOK 7 & 8

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright @ TIME CAPSULE | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger