Mengisi Liburan Agar Produktif :)

Liburan 1 bulan? Bosen? Pasti! Apalagi kalau belum ada tujuan. Jadi gimana biar ada kegiatan yang menyenangkan?

1. Membaca buku
Saya memanfaatkan waktu libur dengan membaca buku-buku yang selama ini pengen saya baca, tapi belum sempat baca (sudah dibeli) atau beli buku yang dari dulu dipengenin. Selama kuliah, mana ada waktu baca novel-novel atau komik >.< Padahal saya gila baca, tapi ya jenuh juga kalau harus baca textbook terus yang isinya bisa menguras energi otak saya. Jadi aja, saya baca-baca lagi tuh komik-komik yang numpuk di perpustakaan, beli novel baru juga. Dan kemarin-kemarin rasanya udah lamaaaa banget gak cari inspirasi di majalah. Jadi deh borong majalah. Mulai dari Gogirl!, Aulia, Paras, sampai majalah Bobo. Hahaha. Bener-bener haus bacaan...!!

2. Pergi jalan-jalan
Pergilah ke tempat yang diinginkan. Mumpung waktunya luang. Jadi deh saya backpacker-an sampe dua kali. Pertama pergi sama Adit dan Hedy. Kedua pergi sama ortu. Dari dulu pengen wisata sejarah. Pengen liat-liat museum gitu, lumayan kan, dapet pengalaman, pengetahuan baru, dan foto-foto. Hehe. Liburannya murah meriah. Bayangin aja, biaya masuk ke museum cuma 2000 Rupiah!!! Murah banget kan? Yang lumayan mahal cuma ongkos kereta aja sama makan dan jajan. Saya ke Kota Tua (Old Town), Batavia. Nanti deh dibahas perjalanannya. Bisa buat referensi temen-temen yang pengen ke sana juga pake kereta :D

3. Bikin cemilan
Karena saya seneng masak, terutama bikin cemilan-cemilan gak jelas, jadi di awal liburan, Mamah saya udah siap nyediain bahan-bahan. Terigu, keju, susu, coklat tabur ceres, roti, tepung bumbu, kornet, yang kaya gitu-gitu wajib ada. Yang pertama saya bikin waktu itu adalah cheese stick. Bahannya gampang-gampang aja, bikinnya juga sesuka hati. Soalnya saya paling males bikin-bikinan yang nyusahin sendiri. Hehehe hasilnya juga enak ko. Gurih gitu... Biarpun liburan, tapi tetep aja mesti bolak balik kampus, jadi gak bisa sering-sering berantakin dapur Mamah. Nah besok-besok deh mau bikin schootel makaroni sama french toast ala saya ;)

4. Bantu-bantu ortu
Kayanya yang ini banyak bohongnya! Hahaha.. saya bisanya numpukin cucian baju, melengos di depan bak cuci piring, berantakin kamar, hancurin dapur. Hehehe tapi ya cuci piring lah dikit, bikin nasi lah dikit. Kalau lagi di kosan mah engga bisa bantu-bantu mamah yang udah kerja mesti ngurus rumah pula. Gak punya asisten rumah tangga. :( Apalagi pas arisan komplek kemarin, duh riweuh yaaaa... Saya ikutan setor muka juga salam-salaman sapa-sapaan sama ibu-ibu. Malu ih banyak ibu-ibu yang bilang "Ibu Dokter....." Padahal kan baru mahasiswa bu.. Hehe. Yaudah deh biarin, biar didoain cepet jadi dokter. Amin. 

5. Cari kerjaan
Nah ini nih, biar liburan tetap menghasilkan, saya cari kerjaan. Caranya? Buka-buka koran yang numpuk, cari kolom yang kira-kira bisa kita masuki dengan tulisan kita. Sayang enggak nemu :( Akhirnya saya cuma ngirim cerpen-cerpen ke majalah. Iseng aja sih sebenernya. Tapi kalau dimuat kan lumayan, rekening nambah saldonya. Hehehe. Mamah juga ikutan tertarik nih. Saya bujuk beliau buat nulis juga, kebetulan ada lowongan mengisi rubrik renungan di sebuah majalah. Nah, semoga aja tulisan kita bisa nampang di majalah. Amin.

6. Menulis novel
Ini yang sulit banget buat saya. Saya suka nulis. Tapi mungkin kurang bakat ya nulis cerita panjang kaya novel. Rasanya gak beres-beres. Akhirnya tulisan saya ini terbengkalai berbulan-bulan. Masih seperdelapan jadi (bukan setengah jadi -__-). Tiap dibaca, selalu muncul keinginan kuat buat nerusin. Tapi begitu nerusin, tiba-tiba aja ide saya jadi kusut. Sedih deh :'( tapi ya gak apa-apa lah. Terus dicoba :D

7. Buat kerajinan dan jualan
Mamah sama Adit jago jahit. Kenapa enggak saya manfaatkan aja ya kemampuan mereka dan saya? Ya walaupun jaitan saya gak sebagus dan seahli mereka. Jadi deh, saya bikin bros-bros vintage dan shabby chic. Bahannya dari macem-macem renda, pita, maink-manik, dan macem-macemnya. Saya bikin nya sesuai selera saya aja. Seneng deh liat hasilnya. Akhirnya punya juga bros-bros kerudung yang selama ini selalu saya pengenin tapi gak ada yang jual dimanapun >.< dan ternyata.......bros-bros saya banyak yang suka juga! Yaudah akhirnya malah jualan deh. Dipasarkan lewat bbm dan facebook. Awalnya sih gak niat bilang-bilang lagi jualan, tiba-tiba aja bbm saya nyala teruuuus deh pada pesen bros >.< alhamdulillah menghasilkan. Walau sekarang belum balik modal, tapi kalau dihitung-hitung, bisnis kecil-kecilan ini untungnya lumayan kalau terjual semua. Bikin nya juga bikin seneng, gak membebani. Adit apalagi, dia paling seneng diajak bikin ginian :)

Ya mungkin segitu aja dulu cara saya mengisi liburan. Siapa tahu ada teman-teman yang lagi libur juga nih dan bingung mau ngapain. Hehe. See ya! :)
Have a nice holiday :D

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright @ TIME CAPSULE | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger