Do You Speak English?

Bahasa Inggris mungkin sudah tidak asing buat kita. Saya masih inget, pertama belajar bahasa Inggris itu waktu SD kelas 4. Tapi saya udah curi-curi start buat les waktu kelas 3. Waktu itu jadi anak bawang banget di tempat les. Gimana gak anak bawang coba, seisi kelas saya semua berumur di atas saya. Bahkan saya sekelas sama kakak dan teman-temannya.

Kalau sekarang kita sering mendengar bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional, tidak kah tergelitik untuk menguasai atau yaaaaa bisa sedikit-sedikit? Nah ini yang sedang beberapa waktu kemarin saya pikirkan. Akhir-akhir ini saya sedang merasa betapa pentingnya kemampuan bahasa ini.

Sedikit penyesalan sempat hinggap di diri saya. Jadi nyesel kenapa gak dari dulu waktu SMP dan SMA les bahasa Inggris yang bener. Jadi nyesel cepet puas sama nilai bahasa Inggris yang diberikan guru pada saya (hoki kali ya,abis gede terus hihihi :p ). Jadi nyesel leha-leha waktu 'ditantang' guru buat latihan debating contest yang akhirnya saya putuskan buat males-malesan biar enggak disuruh ikutan.

Sekarang???
Bergaul di lingkungan ilmiah dengan jutaan textbook berbahasa Inggris dan dituntut buat "kalau bisa baca dari situ" "kalau mau ngerti harus baca dari situ". Akhirnya mentok-mentok beli buku terjemahannya yang kadang-kadang aneh isi nya. Mentok-mentok menangisi textbook berbahasa Inggris yang udah kepalang dibeli mahal-mahal tapi gak membantu saya belajar sedikitpun. Mentok-mentok ngeluh "pake bahasa Indonesia aja aku gak ngerti apalagi bahasa Inggris". Memang ya, makna yang disampaikan akan lebih jelas maksudnya kalau kita baca dalam teks aslinya. Tapi mau gimana lagi, energi otak saya bisa langsung habis cuma buat baca textbook tebal berbahasa Inggris.

Pentingnya mempelajari bahasa Inggris adalah sebagai jalan kita untuk 'menguasai' dunia. Seperti yang sering saya alami tadi. Frustasi sama kemempuan cetek bahasa Inggris saya yang akhirnya bikin saya gak sepaham teman-teman saya yang jago bahasa Inggris ketika mempelajari sesuatu. Sedih kan?

Sekarang???
Mau nya sih ikutan les bahasa Inggris secara serius. Mau nya sih hapal grammar biar gak salah-salah tulis lagi. Mau nya sih bisa bahasa Inggris biar nanti suatu hari saya lanjut kuliah (pengen nya sih ke luar) saya gak terhalang oleh bahasa. Mau nya sih lancar bahasa Inggris biar nanti kalau udah jadi dokter (amin) bisa ikutan seminar-seminar internasional dengan mudah. Lah kalau seminar nya ada workshop atau semacam tutorialnya, nanti saya ngomong apa kalau enggak lancar bahasa Inggris?

Tapi??
Bagi saya, kunci dalam mempelajari bahasa Inggris adalah dengan terus belajar sendiri dan jangan malu untuk menulis atau berbicara. Salah grammar sedikit ya enggak apa-apa lah. Namanya juga belajar. 

Tadinya???
Awalnya sih berniat les bahasa Inggris di semester 4 ini. Soalnya kalau enggak sekarang kapan lagi? Ada 3 bahasa asing yang membuat saya tertarik untuk mempelajarinya. Inggris, Jerman, Jepang. Bahasa Jerman itu seru. Gak susah-susah banget belajarnya. Pelafalannya juga gampang, gak jauh beda sama tulisannya. Saya punya kamus bahasa Jerman warisan Uwa saya waktu tinggal di Jerman. Hihihi nanti kalau Uwa ke rumah saya, mau diajak ngobrol pake bahasa Jerman lagi aaaah ^^. Kalau bahasa Jepang, gak tau ya, dari dulu suka banget sama bahasa ini. Kayanya imut gimana gitu ya. Hehe. I'm envy you daddy!!! Go to Japan three times without me :'(



Tapi???
Jadwal kuliah padet banget. Udah gitu, jarak yang mesti ditempuh dari Cimahi buat ikut les ke Bandung jauh. Belum masalah transportasi.  Belum kalau ada tugas. Belum kalau ada kegiatan. Banyak banget kendala yang mesti saya hadapi kalau mau nekat les!! ( Let me drive the car dad! hahaha *maunya :p )

Yah sepertinya saya harus menelan kembali niat yang semula saya susun untuk semester 4. Sementara, saya belajar bahasa Inggris yang cukup efektif (bagi saya) dengan membaca buku-buku teks dan novel dalam bahasa Inggris. Ya kali-kali aja ada yang nyatol gitu ya.. Tapi menurut saya itu cukup efektif loh. Terutama buat nambah perbendaharaan vocab.

Sekian deh notes saya (lebih tepat kaya curhat ya) ^^
Do you speak english?
The last, I have a tips for learning English.
DON'T GIVE UP!!!!!!!! ^^

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright @ TIME CAPSULE | Floral Day theme designed by SimplyWP | Bloggerized by GirlyBlogger